Zerotv.id – banda aceh – Pentingnya peran Bawaslu mendorong masyarakat untuk ikut serta dalam pengawasan partisipatif seperti membumingkan Pendidikan Kader Pengawas Partisipatif dengan mengawal Demokrasi Bangsa ini.

Panwaslih Propinsi Aceh menggelar Program pembekalan kader muda terkait dengan Pengawas Pemilu, pembekalan pendidikan bagaimana prisip – prinsip demokrasi dan mengawal demokrasi yang di gelar di Audotorium Meukah Convention Hall, selama dua hari.

Program Membumingkan pendidikan demokrasi dan pendidikan politik, Panwaslih Aceh bekerjasama dengan kampus Uin Ar-Raniry, menggelar pembekalan kader muda  yang diikuti sedikitnya sembilan puluh orang mahasiswa dari Uin Ar-Raniry .

Kordip Penindakan Pelanggaran .Panwasli. Aceh, Fahrul Riza Yusuf, mengatakan, pembekalan terkait kader muda Pengawas Pemilu, dengan tujuan menjaga dan menjalankan demokrasi yang ada di Negri ini, khusunya, Propinsi aceh.

Puluhan mahasiswa dari Universitas Uin Ar Raniry Banda Aceh, terlihat antusias dalam mengikuti program pembekalan kader muda, menjaga atau mengawal Demokrasi, yang digelar Pawanslih Aceh.

Seperti yang diutarakan Sarifah Nazly, Mahasiswi yang juga peserta, pembekalan demokrasi ini sangat menarik. Materi yang di jelaskan dari pihak Panwaslih Aceh membuat dirinya mengetahui proses demokrasi yang ada di Negeri ini.

Perlu memperkuat kegiatan pengawasan partisipatif karena melihat peran Panwaslu atau Panwaslih Aceh, sebagai fungsi Ajudikasi, sehingga di masa mendatang bisa saja fungsi pengawasan akan bergeser ke masyarakat Sipil. (Rz-Fr)