Zerotv.id – Aceh Besar – Rapat kerja evaluasi hasil pengawasan pemilu tahun 2019, bawaslu provinsi aceh, digelar di hotel hijrah, siron aceh besar, selasa, 26 november 2019.  Raker evaluasi pelaksanaan, pengawasan tahapan pemilu ini, di hadiri para anggota panwas dari berbagai daerah kabupaten kota di propinsi aceh.

Sesuai uu terbaru mengenai ketentuan pemilu, undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, terdapat tugas bawaslu yang cukup luas mengenai penyelenggaraan pemilu. Antara lain menyusun standar tata laksana pengawasan penyelenggaraan pemilu, melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran sengketa pemilu.

Tantangan pelaksanaan pengawasan pemilu tahun 2019 lalu, sangat berat, di tengah persaingan politik dalam negeri yang memanas. Berbagai persoalaanpun terjadi,dari mulai pelanggaran kecil hingga sengketa pemilu.

Koordinator divisi hukum dan data informasi panwaslih aceh, nyak arief fadhillah syah mengatakan tentu permasalahan di pemilu 2019 lalu, akan dijadikan reverensi pembelajaran untuk para anggota panitia pengawasa pemilu, agar pemilu dimasa yang akan datang seperti panwaslih aceh bisa mengembangkan pelayanan panwaslih seluruh aceh terhadap peserta pemilu dalam penyelesaian sengketa.

Disamping itu nyak arief fadhillah syah juga menambahkan kita berharap dapat mendeteksi masalah masalah yang disengketakan dalam penyelenggaraan pemilu, agar kedepan bisa kita tingkatkan sosialisasi terhadap peserta pemilu, sehingga angka sengketa semakin kecil dimasa yang akan datang. (Ayot)