Zerotv.id – Banda Aceh – Memperingati Hari Ibu ke- 91 tahun 2019 , Pemerintah Aceh bekerjasama dengan Polda Aceh, Kodam Iskandar Muda, Tim Penggerak PKK Aceh, Porwesi, Persit, Bhayangkari dan BKOW akan menggelar gerak jalan santai sehat keluarga di Stadion Harapan Bangsa Lhongraya, Banda Aceh, Minggu (8/12/2019). Gerak jalan santai itu juga digelar serentak pada waktu yang sama di 34 provinsi di Indonesia.

Diperkirakan akan diikuti 6.000 peserta. Ada sejumlah organisasi yang akan ikut serta, antara lain, Polda Aceh, Kodam Iskandar Muda, Tim Penggerak PKK Aceh, Perwosi, Persit, Bhayangkari, BKOW, mahasiswa, insan media dan berbagai komunitas masyarakat umum.

“Jalan santai ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan pada peringatan Hari Ibu ke 91, kita undang masyarakat umum untuk memeriahkan acara ini. Ada tersedia berbagai  doorprize  menarik dan tentunya ada doorprize paket umroh dari Kapolda Aceh,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Nevi Aryani, saat menggelar konferensi pers di Media Center Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Banda Aceh, Jumat, (6/12).

Acara akan dimulai pukul 07.00 pagi dan diawali dengan senam bersama. Selanjutnya, akan ada sambutan dari Plt Gubernur Aceh dan para peserta juga dilepas langsung oleh orang nomor satu di Aceh itu.

Jalan santai akan menempuh sejauh 2 kilometer. Start dari Stadion Harapan Bangsa, kemudian menyusuri Jl. Sultan Malikul Saleh ke arah Lampeuneurut. Setelah melewati jembatan, peserta kemudian putar arah kembali untuk berbalik ke garis finish di Stadion Harapan Bangsa.

Digaris finish, peserta akan menikmati sarapan pagi yang telah disediakan panitia terlebih dahulu. Setelah itu, baru akan dilakukan pengundian doorprize. Ada tersedia berbagai hadiah menarik, seperti sepeda, kulkas, dispenser, setrika, kompor gas, kipas angin dan lain-lain.

“Peringatan Hari Ibu kali ini berbeda dengan sebelumnya, sebab kali ini digelar jalan santai serentak di semua provinsi. Ini merupakan imbauan langsung dari istri presiden dan Kita mengajak seluruh masyarakat untuk mengikuti dan memeriahka jalan santai ini,”ujar Nevi.

Sementara itu, Dirlantas Polda Aceh, Dicky, mengimbau agar seluruh peserta membawa tumbler, karena panitia tidak menyediakan minuman botol plastik. Panitia hanya menyediakan air minum dalam galon.  Hal itu, dilakukan sebagai upaya pengurangan dan pencegahan maraknya sampah plastik.

“Kita lakukan ini sebagai langkah mendukung program Presiden untuk mewujudkan Indonesia bebas sampah plastik. Sampah plastik menjadi salah satu masalah pencemaran lingkungan saat ini.

“Selain itu, para peserta juga dihimbau untuk mengenakan pakaian hitam putih dan boleh mengenakan jenis pakaian apa saja,”ujar Dicky. (Red–Pen)