Zerotv.id – Abdya – Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, memberikan pembekalan kepada para Keuchik se-Kabupaten Aceh Barat Daya, pada acara Kunjungan Evaluasi Pengelolaan Dana Desa dan Gerakan Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau (BEREH), di Aula kantor bupati setempat, Rabu (11/12/2019).

“Samakan persepsi, ini kuncinya. Semua pihak, baik Keuchik maupun Tuha Peut harus menyadari, bahwa kita bertanggungjawab untuk merumuskan program kerja yang baik, sehingga dana desa tersalur sesuai dengan tujuannya, yaitu membangun sumberdaya manusia dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,”  kata Taqwallah

Besaran dana desa yang dialokasikan Pemerintah Pusat mencapai triliunan rupian setiap tahun. Salah satu tujuan dikucurkannya dana desa adalah untuk pembangunan sumberdaya manusia dan pengembangan sektor ekonomi masyarakat gampong.

Salah satu cara penganggaran dana desa yang menyentuh langsung masyarakat kecil adalah dengan pembiayaan Badan Usaha Milik Gampong atau BUMG. Keberadaan BUMG akan saecara langsung menyerap tenaga kerja dan memberikann pendapatan bagi gampong.

Saat ini, seluruh gampong di Abdya telah memiliki BUMG, yaitu sebanyak 152 unit BUMG. Dari jumlah tersebut, 132 di antaranya telah aktif beroperasi.

Program desa akan berjalan sukses, jika aparatur gampong kompak dan seiring jalan dalam merumuskan dan program pembangunan gampong. Dengan kebersamaan, perumusan program gampong akan lebih mudah karena semua pihak terlibat dengan penuh tanggungjawab.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga mengimbau agar para pendamping desa, memposisikan diri sebagai mitra aparatur gampong, baik di masa merumuskan program pembangunan maupun saat program sedang berjalan.

 

*KANTOR CAMAT KLUET TIMUR, BEREH

Aceh Selatan – Kantor Camat Kluet Timur dinilai layak dijadikan contoh sebagai tempat layanan masyarakat yang sukses menerapkan program BEREH. Kantor kecamatan yang berada di pedalaman Kabupaten Aceh Selatan itu telah tertata rapi, baik dari sisi dalam maupun di luar ruangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, usai meninjau Kantor Camat Kluet Timur, Rabu (11/12/2019).

BEREH adalah akronim dari Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau. Kantor kecamatan di Kluet terlihat bersih luar dan dalam. Meja-meja ditata rapi. Wallpaper ditempel rapi di tiap dinding ruangan. Terlihat indah dan memberikan kesan estetis.

Taqwallah juga mengapresiasi Camat Kluet Timur, Muriadi. Sekda berharap keberhasilan Muriadi di Kluet Timur dapat diserap aparatur lain, sehingga nantinya seluruh tempat layanan masyarakat di Aceh Selatan bisa lebih baik.

“Pak Nasjuddin, sesekali buat rapat camat di sini. Kantor Camat Kluet Timur ini layak dijadikan contoh sukses program BEREH,” ujar Taqwallah kepada Sekda Aceh Selatan.

Sekda juga mengimbau agar layanan bagi masyarakat juga semakin ditingkatkan. “Budaya kerja seperti di Kantor Camat Kluet Timur ini harus dipertahankan,” pungkas Taqwallah. [Red-Ayot]