Zerotv.id – Aceh Selatan – Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, mengkritisi beberapa fasilitas yang dinilai belum ramah dokter dan pasien  saat meninjau layanan kesehatan di Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Rabu 11/12. Namun deemikian, Sekda juga memuji keindahan ruangan dan kebersihan lokasi.

Ranjang layanan di ruangan pemeriksaan umum dan KIA UPTD Puskesmas Kluet Timur sangat rendah. Ukuran ranjang pun masih sangat kecil.

“Dokter memeriksa susah. Pasien naik ke ranjang pun takut kalau begini ranjangnya,” kata Taqwallah.

“Secara umum sudah sangat bagus. Dalam (ruangan) nya sudah menggoda. Hanya fasilitas seperti tempat tidur pasien harus dibenahi,” kata Taqwallah di UPTD Puskesmas Kluet Timur.

Taqwallah meminta agar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan untuk memikirkan cara sehingga beberapa kekurangan tersebut dapat segera diatasi.

Dalam kunjungan ke tempat layanan kesehatan itu, Taqwallah didampingi oleh Sekda Aceh Selatan Nasjuddin dan Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, T. Darisman.

Sebelum berkunjung ke Puskesmas, Sekda lebih dulu mengunjungi Posyandu Terintegrasi di Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur. Posyandu tersebut telah tertata dengan baik.

Kepada Sekda, pimpinan posyandu dan para kader melaporkan keberhasilan Gampong Sapik menangani stunting. Sekda mengapresiasi keberhasilan tersebut dan mengimbau agar para petugas kesehatan menggunakan data Dinas Kesehatan sebagai rujukan, sehingga mempermudah proses validasi dan pembaharuan data.

Sekda juga mengimbau agar pimpinan Puskesmas dan seluruh pegawai, terus memberikan layanan terbaik bagi pasien. “Karena bertugas di daerah yang kental nuansa budaya, dokter harus mampu memahami bahasa lokal agar komunikasi dengan pasien bisa lebih baik,” imbau Sekda. [Red – Ayot]