*ASN harus Jadi Panutan dan Berdayaguna

Zerotv.id – Banda Aceh – Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, membuka Secara resmi Musyawarah Provinsi (MUSPROV) ke 4 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Aceh di Ruang Serbaguna Setda Aceh, Banda Aceh, Kamis (19/12/2019).

Dalam sambutannya Taqwallah mengimbau kepada Aparatur Negeri Sipil (ASN) di Aceh agar bekerja maksimal, sehingga menjadi panutan bagi masyarakat dan berguna bagi lingkungan sekitarnya.

“kita harus menunjukkan bahwa seorang ASN berdayaguna dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Hal iniharus kita lakukan untuk memperbaiki kinerja dan membangkitkan semangat perubahan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Aceh,” ujar Taqwallah.

Idealnya, samung Taqwallah, seorang ASN yang baik memiliki jenjang karir yang kian lama meningkat, seorang ASN juga dituntut harus memberikan dampak positif bagi lingkungannya sekitarnya, jika itu di terapkan akan berdampak bagus bagi mutu ekonomi seorang ASN.

Sejalan dengan visi misi KORPRI, kata Sekda Aceh, anggota KORPRI juga dituntut ikut berpartsipasi sebagai perekat dan pemersatu bangsa, sehingga negara dapat menjalankan tanggungjawabnya secara adil dan seimbang.

Sekda menyampaikan, bahwa organisasi KORPRI bersifat demokratis, bebas, aktif, profesional, dan akuntabel, dengan visi dan misi, mewujudkan sistem pemerintahan yang netral atau bebas dari pengaruh politik agar tugas sebagai aparatur negara berjalan dengan baik.

“Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971, yang menegaskan bahwa KORPRI merupakan satu-satunya wadah berhimpunnya Pegawai Negeri Republik Indonesia yang kedudukan dan kegiatannya tidak terpisahkan dari kedinasan,” sambung Sekda.

Untuk menjalankan tanggungjawab tersebut, lanjut Taqwallah, kinerja KORPRI harus diperkuat melalui kepengurusan yang kompak, solid, dan terpercaya agar organisasi ini mampu menjalankan programnya dengan baik.

“Pertemuan ini merupakan sarana evaluasi serta menyiapkan perencanaan program ke depan agar KORPRI Aceh mampu menjalankan visi misinya secara terencana dan terukur. Visi misi KORPRI sangat sejalan dengan program Pemerintah Aceh, khususnya bidang reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan,” kata Taqwallah.

Jika reformasi birokrasi berjalan dengan baik, sebut Taqwallah, maka otomatis pelayanan publik akan berjalan lebih baik lagi. Dengan demikian, KORPRI secara aktif dapat berperan mensukseskan gerakan Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau (Gerakan BEREH) yang saat ini sedang giat-giatnya kita terapkan di Aceh.

Taqwallah berharap melalui MUSPROV ke 4 tersebut dapat memperkuat keberadaan organisasi KORPRI Aceh. Sehingga keberadaan ASN di Aceh mampu menjadi motor dalam mewujudkan visi misi Aceh Hebat. [Red-Ayot]