Zerotv.id – Aceh Besar – Ratusan masyarakat shalat istisqa (shalat memohon hujan) di Lapangan Sepakbola Lonkali, Gampong Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Kamis (23/1/2020). Shalat minta hujan itu diimami Tgk H Athaillah Ishak. Selain diikuti oleh Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali , juga diikuti oleh tokoh-tokoh masyarakat, dan ratusan warga  setempat.

Shalat minta turun hujan diharapkan dengan shalat ini, Allah memberikan rahmat dan memberkati Aceh Besar dan Aceh pada umumnya bisa turun hujan, sehingga tanaman padi masyarakat bisa baik kembali.

Mawardi Ali mengatakan, dampak dari kemarau panjang, telah menyebabkan ribuan haktare sawah kering dan dipastikan gagal panen. “Kalau tidak turun hujan, akan gagal panen padi masyarakat kita..

Mawardi juga mengatakan, sudah melakukan berbagai upaya. Agar padi para petani di kabupaten aceh besar dapat diselamatkan, meskipun tak turun hujan. Namun Akan tetapi, upaya tersebut tidak maksimal. Karena di Aceh Besar, debit air sudah berkurang.

Kekeringan yang melanda Kabupaten Aceh Besar, membuat tanaman padi masyarakat terancam gagal panen, Menurut Kadis Pertanian Aceh Besar, …… mengatakan, sudah melakukan segala upaya untuk membantu masyarakat, seperti, “Kita telah membagikan mesin pompa kepada petani, bila ada sumber air dapat ditarik melalui mesin, tapi kalau tidak ada debit air tak bisa. Oleh karena itu, kita sangat berharap doanya supaya Allah memberkati kita dengan turun hujan.

Baca Juga : PEMERINTAH ACEH BAHAS KEKERINGAN DI ACEH BESAR

Secara keseluruhan di Aceh Besar memiliki 29.000 haktare sawah. Untuk memenuhi kebutuhan air ke lahan sawah di sana ada dua irigasi. Yaitu Irigasi krueng Aceh yang mampu mengairi 6.000 haktare.  Sedangkan Irigasi Krueng Jreu, Aceh Besar hanya mampu menggairi 1.500 haktare.

Sementara itu di kawasan yang berbeda,Seratusan masyarakat dari tujuh gampong (desa) di Kemukiman Lamlhom, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, juga melaksanakan shalat Istisqa atau shalat meminta hujan,di area persawahan daerah setempat. Karena area persawahan mereka juga mengalami kekeringan dan padi yang mereka tanam terancam gagal panen. (Fer)