Zerotv.id – Internasional – Virus corona sejenis virus umum yang menyebabkan infeksi pada hidung, sinus, atau tenggorokan bagian atas. Gejala ini mirip dengan gejala radang tenggorokan biasa, sehingga pengidap mungkin mengabaikannya. Karena itu, kewaspadaan perlu ditingkatkan dengan melakukan pencegahan virus corona.

WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan langkah pencegahan terhadap virus corona, Seperti:

Baca Juga : CORONA VIRUS YANG BIKIN PEMERINTAH ACEH TETAPKAN STATUS SIAGA

  1. Pengenalan Awal dan Kontrol Sumber

Triase klinis termasuk pengenalan dini gejala dari infeksi corona. Jika mengalami gejala yang mirip dengan infeksi corona, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk segera mendapatkan identifikasi yang tepat.

Perlu kita ketahui, virus corona adalah virus yang dapat menginfeksi hewan dan manusia. Sehingga kamu perlu mengontrol kesehatan hewan peliharaanmu di rumah. Untuk memudahkan, identifikasi kasus yang dicurigai, fasilitas kesehatan harus melakukan beberapa cara, yaitu:

Baca juga : PEMERINTAH ACEH BUKA POSKO SIAGA WABAH VIRUS CORONA DI CHINA

  • Mendorong petugas kesehatan di lingkungan rumah atau pekerjaan untuk memiliki tingkat klinis yang tinggi atas kecurigaan terhadap gejala dan tanda infeksi virus corona.
  • Skrining dengan kuesioner penyaringan.
  • Pasang signage di tempat umum yang mengingatkan gejala.
  1. Terapkan Alat Pelindung Diri

Tindakan pencegahan ini adalah hal yang sering kamu dengar dan lakukan. Bahwa sebagai manusia sangat penting untuk menjaga kebersihan diri dan tempat tinggal. Ini adalah kunci dari pencegahan segala penyakit, khususnya virus corona. Pencegahan standar yang harus dilakukan :

Baca Juga : PEMERINTAH ACEH BUKA POSKO SIAGA WABAH VIRUS CORONA DI CHINA

  • Pembersihan dan sterilisasi lingkungan.
  • Gunakan masker saat berada di tempat yang ramai dan dicurigai berpotensi wabah infeksi corona. Untuk masker yang tepat dan sesuai standar, gunakan masker
  • Tutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin.
  • Bersihkan tangan setelah melakukan kontak dengan benda apa pun. Upayakan untuk selalu membersihkan tangan dengan sabun.
  • Hindari kontak terlalu dekat dengan orang yang terinfeksi atau dicurigai terinfeksi.
  • Kelola limbah rumah tangga dengan tepat dan sesuai standar kebersihan. [Red-Fer]