Zerotv.id – Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi   melepas tim evakuasi yang akan menjemput WNI di Wuhan, Hubei, China. Saat melepas tim evakuasi itu, Retno berpesan agar mereka tetap semangat dan sehat. “Pesan saya yang akan berangkat, tetap semangat, semua dari kita harus semangat dan kita harus sehat,” ujar Retno di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang,.

Menurut Retno Marsudi  , ada 250 warga negara Indonesia yang akan dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok, dalam keadaan sehat. Retno juga menegaskan, sebelum para WNI diberangkatkan ke tanah air, serangkaian pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan untuk memastikan mereka dalam keadaan sehat.

Baca Juga : RSUZA SIAPKAN ENAM RUANGAN ISOLASI UNTUK MENGANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS CORONA

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ikut dalam acara pelepasan tim evakuasi WNI dari Wuhan. Dalam konferensi persnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto  mengatakan WNI yang akan dievakuasi dari Wuhan akan diisolasi di Natuna.

Pulau Natuna adalah pangkalan militer dengan fasilitas rumah sakit yang dikelola tiga angkatan, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Angkatan Darat. Selain itu, runway juga dekat dengan wilayah isolasi.tegas Panglima”.

Baca Juga : CEGAH VIRUS CORONA KE ACEH BANDARA SIM TINGKATKAN PENGAWASAN

Pelepasan tim evakuasi ini dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Sebelum melakukan proses evakuasi , Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sudah berunding bersama dengan kedutaan besar Tiongkok dan Indonesia.

Baca Juga :  b12 MAHASISWA ACEH BERADA DI KAWASAN ISOLASI TERJANGKIT VIRUS CORONABa

Ratusan WNI yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok, tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Raden Sajad, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020) siang. Mereka langsung masuk ke ruang observasi untuk menjalani tes kesehatan. [FER]