Zerotv.id – Banda Aceh – Setelah Presiden Jokowi mengumumkan dua warga negara positif terjangkit virus covid-19 (corona). Ikatan Dokter Indonesia wilayah Aceh menghimbau dokter dan paramedis untuk tetap siaga, sebagai antisipasi merebaknya wabah virus covid-19 (corona), khususnya di daerah wisata, seperti Pulau Sabang, perbatasan Sumatera Utara dan Aceh, serta daerah wisata lainnya di Aceh.

Himbauan yang dikeluarkan ikatan dokter indonesia ini, guna mengantisipasi dan menekan merebaknya wabah virus corona. IDI, meminta para dokter dan tim medis untuk selalu siap dan sesuai SOP dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga : CEGAH VIRUS CORONA KE ACEH BANDARA SIM TINGKATKAN PENGAWASAN

Saat ini IDI Aceh, sudah berkoordinasi bersama dinas kesehatan, Pemerintah daerah, karantina kesehatan Pelabuhan maupun Bandara, serta para medis dari lintas sektor agar waspada dan siaga menangani kasus ini jika ditemukan warga yang diduga terjangkit virus corona.

Baca Juga : VIRUS CORONA SEMAKIN MENGGANAS RATUSAN WNI TERPAKSA DIEVAKUASI DARI WUHAN

Selain itu, ketua ikatan dokter Indonesia, dr. Safrizal Rahman, juga menghimbau agar masyrakat untuk tidak panik, menurutnya sikap panik  mengakibatkan sistem imun tubuh menurun yang rentang terserang penyakit. Selain itu ia juga meminta masyarakat untuk tidak termakan berita hoax.

Baca Juga : Mahasiswa Aceh Bersetivikat Bebas Virus Corona

Meski belum ada terdeteksi virus corona di aceh. sejauh ini pemerintah Aceh telah menyediakan dua rumah sakit rujukan yang sudah siap untuk merawat pasien suspect corona, yaitu Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Banda Aceh dan Rumah Sakit Umum Cut Meutia Lhokseumawe.

Baca Juga : RSUZA SIAPKAN ENAM RUANGAN ISOLASI UNTUK MENGANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS CORONA

IDI Aceh  juga menyarankan kepada warga agar selalu menggunakan masker saat berada di keramaian, mencuci tangan secara rutin dan menjaga kebersihan diri, serta mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat. [ Fer ]