Zerotv.id – Banda Aceh – Akibat wabah virus corona, seluruh hotel di Banda Aceh, mulai dari hotel bintang lima menutup operasionalnya hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Tidak ada lagi pengunjung membuat pihak hotel harus merumahkan karyawan dan juga terpaksa mem-phk karyawannya.

Penutupan hotel ini mulai dilakukan semenjak pemerintah melakukan penutupan destinasi wisata guna mencegah penyebaran virus corona.

Berdasarkan pantauan tim liputan, hampir seluruh hotel bintang di Banda Aceh terlihat sepi tanpa aktivitas apapun. Bahkan sebagian hotel tidak terlihat petugas keamanan yang berjaga.

Menurut Yusuf Anta, Manager Marketing di salah satu hotel di Banda Aceh mengatakan, Sejak tanggal 16 Maret pasaran hotel di Banda Aceh menurun drastis diangka di bawah 10 persen. Akibatnya Penghasilan tidak mencukupi untuk melaksanaan operasional dan berdampak pada karyawan hingga mem-phk karyawan.

Sementara Itu, Octowandi, Seketaris DPD Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Aceh, mengatakan, dampak dari corna ini membuat seluruh hotel besar di Banda Aceh terpaksa menutup dan mem-phk karyawannya sejak awal April lalu.

Sejauh Ini Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Aceh, telah mendata jumlah karyawan yang dirumahkan dan di phk. guna didaftar sebagai pemegang kartu pra kerja yang merupakan program pemerintah, untuk membantu meringankan beban para karyawan. [Pen]