Zerotv.id – Bener Meriah – Pelaksana Tugas Gubernur (Plt) Aceh, Nova Iriansyah, bersama istri, Dyah Erti Idawati, membagikan bantuan sembako untuk masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat penyebaran virus corona di Kabupaten Bener Meriah, Sabtu, (2/5/2020). Bantuan tersebut disalurkan guna meringankan beban mereka di tengah wabah virus corona.

Sedikitnya ada 150 paket bantuan sembako yang disalurkan. Mereka yang mendapatkan bantuan tersebut, adalah masyarakat Kampung Negeri Antara di Kecamatan Pintu Rime Gayo dan masyarakat di Kampung Timang Gajah, Kecamatan Timang Gajah.

Baca Juga : Musrenbang 2021 via Video Konferensi Dipimpin Plt Gubernur Aceh

Plt Gubernur Aceh berharap, bantuan sembako yang dibagikan tersebut dapat berguna dan membantu masyarakat selama bertahan di rumah. “Bantuan yang kami berikan ini jangan dilihat besar kecilnya. Kami berharap bantuan ini dapat sedikit membantu selama berada di rumah,” ujar Plt Gubernur Nova.

Baca Juga : Plt Gubernur Nova Salurkan Bantuan APD untuk Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Di sela-sela penyerahan bantuan, istri Plt Gubernur, Dyah Erti Idawati, memberikan sosialisasi langkah pencegahan virus corona kepada masyarakat. Di antaranya, ia menganjurkan untuk memakai masker, rutin mencuci tangan, menjaga jarak fisik, tidak melakukan perkumpulan, dan tidak keluar rumah bila tidak ada urusan penting.

Sementara itu, Reje Kampung Negeri Antara, Riskanadi, merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan untuk masyarakat kampung nya. Ia mengatakan,  merebaknya virus corona telah berdampak terhadap ekonomi masyarakat setempat. Di mana, hasil komoditas perkebunan yang menjadi mata pencaharian mayoritas warga setempat telah mengalami penurunan harga jual. Sehingga pendapatan masyarakat ikut berkurang.

“Bantuan seperti ini akan sangat membantu masyarakat di tengah kondisi begini,” ujar Riskanadi.

Untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona, kata Riskanadi, pihaknya memberlakukan karantina mandiri selama 14 hari untuk masyarakat kampung yang pulang dari daerah terjadinya penyebaran virus corona. Ia berharap, upaya yang dilakukan pihaknya dan pemerintah dapat memutuskan mata rantai penyebaran virus corona di Bener Meriah.

Baca Juga : Polairud Polda Aceh Bagi Nasi Bungkus Buka Puasa

Selain membagikan sembako,  Plt Gubernur dan rombongan juga mengunjungi serta membagikan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis yang bertugas di posko pengecekan suhu di Kampung Blang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Di posko tersebut, para petugas melakukan pengecekan suhu setiap penumpang yang masuk ke Bener Meriah, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Kedatangan Plt Gubernur ke Bener Meriah ikut didampingi oleh Bupati Bener Meriah, Tgk. H. Sarkawi dan istri, serta Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah, Haili Yoga. [fer]