Zerotv.id – Sulawesi Selatan – Munculnya sosok Muhammad Saleh Patolla sebagai bakal calon Bupati Pangkejene dan kepulauan di Provinsi Sulawesi Selatan semakin bertambah panas situasi politik dipangkep  jelang Pilkada 2020.

Sebagai tokoh muda yang muncul dan sekaligus Putra Daerah yang telah banyak menempah pengalaman di perantauan dan tertarik untuk maju dalam percaturan politik di pemilihan kepala daerah di ujung tahun 2020.

Tim Zerotv.id mencoba menghubungi beliau dan mencoba mewawancarainya, dan berikut petikannya :

Apa yang melatar belakangi Pak saleh untuk ikut dalam bakal calon pemilihan kepala  Daerah di Pangkep ini ?

Pertama tama saya ucapkan salam hormat kepada para saudara saudara saya serta keluarga besar yg ada di pangkajene maupun yang ada di kepulauan.

Menjawab pertanyaan teman-teman dari tim zerotv.id kenapa saya kemudian ikut dalam pilkada, ini bukanlah suatu keinginan yang secara tiba-tiba kemudian maju, tapi rencana  ini sudah lama saya persiapkan bahkan sudah beberapa tahun lalu.

Saya selaku masyarakat asli putra daerah pangkep mempunyai suatu kewajiban  yang  memang saya pikir bisa merubah pangkep untuk  lebih baik lagi, dan ini bukan konsep bukan rencana  tetapi sesuatu yang sudah  selayaknya saya persembahkan untuk  kampung halaman saya. Yaitu suatu sistem yang mana menjadikan pangkep bisa terintegrasi satu sama lain. Dengan terintegrasinya semua wilayah otomatis sinergi antara desa dengan desa dan kecamatan dgn kecamatan lainnya, dimana Desa adalah menurut saya adalah titik awal suatu pembangunan.

Sejauh mana bapak melihat keluhan dan harapan masyarakat ?

Pandangan saya sejauh ini memang  terjadi ketimpangan yang luar biasa baik pelayanan standar minimum masyarakat maupun beberapa bidang lain terutama konektivitas antara wilayah yang satu dengan wilayah lain nya.

Bagaimana bapak melihat kondisi yang ada selama ini ?

Kondisi saat ini sangat memprihatinkan, apalagi sesuai statistik pusat tahun 2018 lalu memberi peringkat miskin ke 2 dari Jeneponto di provinsi sulawesi selatan.

Sangat ironis menurut saya, karena pangkep memiliki SDA yg berlimpah namun kondisinya  bisa miskin.

Sejauh mana bapak mengenal wilayah pangkep dan problematika yang terjadi dimasyarakat ?

Saya tahu persis bagaimana pangkep.

Saya asli warga pangkep lahir dan di besarkan disana sekolah dasar sampai menengah disana, bahkan bisa menggambarkan bagimana kondisi dulu dan sekarang yang tidak jauh berbeda serta bagaimana  perkembangan pangkep seutuhnya selama ini.

Hingga sampai saat ini saya kira sangat tertinggal di banding daerah lain bila di kaitkan dengan adanya industri semen yang besar  dan  masih beropersi sampai saat ini, artinya ada tata kelola dan system yang  tidak berjalan sebagaimana mestinya

Apa strategi yang akan bapak lakukan untuk memenangkan pilkada ke depan nantinya ?

Sebenarnya bukan strategi mungkin  ini hanya cara saja, cara bagimana  saya melihat dan merasakan apa yang di rasakan oleh masyarakat setempat.

Karena menurut saya kalau mau jadi pemimpin itu ya kita harus betul-betul  paham dan merasakan apa yang masyarakat kita rasakan saat ini, maka hal-hal temuan saya itulah yang  akan saya jalankan. Yang jelas prioritas saya mengejar ketertinggal daerah khususnya yang ada di wilayah pinggiran.

Ada 4 kecamatan di kepulauan dan ada 2 kecamatan di pegunungan yang jarang dilihat atau diperhatikan oleh pemerintah daerah pangkep saat ini. Bagimana  saudara-saudara kita di pulau maupun di gunung tersebut, bagaimana penerangannya, bagaimana  cara mereka memenuhi kebutuhan hidupnya. Jangankan untuk memikirkan bagaimana anak-anak mereka  menimbah ilmu!! untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari saja mereka harus berjuang untuk dapat makan. dikarena  kurangnya sarana dan prasarana publik untuk mendukung aktivitas mereka.

Jadi jika ditanya apa strateginya maka jawabannya adalah apa yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat dan saya berusaha mewujudkan itu,,maka itulah strateginya

Apa sektor prioritas pada program bapak ?

Sektor prioritas saya saat ini ada di perikanan dan pertanian.

Walaupun saya belum menjadi bupati saat ini, tetapi sudah  mulai membina para nelayan-nelayan di beberapa kecamatan di kepulauan. Dengan membantu memasarkan hasil laut para nelayan. Di sektor pertanian, yang sedang saya  dampingi para petani agar terhindar dari praktek-praktek rentenir yang kadang merugikan mereka. Yang jelas sebenarnya pemerintah pusat sudah  sangat banyak program yang tentunya telah melewati kajian dll.

M. Saleh Pattola bersilahturahmi dengan Kelompok Nelayan Bersatu

Namun kembali lagi bagaimana  para pemangku jabatan pemerintah daerah tersebut memanfaatkan kebijakan dari pemerintah pusat.

Artinya harus ada rasa kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakatnya.

Kabarnya bapak akan menarik para investor untuk menanamkan modalnya di pangkep , investor yang bergerak di sektor apa yang menjadi ketertarikan bapak ?

Beberapa investor sudah MoU dengan saya, selaku organisasi kebetulan saya masih di KOPRABUH (Koperasi Anugerah Bumi Hijau).

Tanggal 1 Juli lalu saya lounching di Jakarta dan akan saya bangun sebagai titik awal yaitu di pangkep suatu tehnologi  yang saya  istilahkan dengan FARMING DATA Atau petani data, sehingga para petani akan familiar terhadap teknologi serta petani pangkep bisa berkata Dunia ada dalam genggaman mereka.

Bagaimana bapak melihat peluang kemenangan bapak sendiri ?

Sebagai seorang muslim yang percaya Pada Allah Swt  dan ketetapan sudah di gariskan, namun sebagai hamba saya berusaha dengan niat yang tulus ikhlas  Allah SWT akan merindhoi langkah dan perjuangan saya ini insya allah. Dan tak lupa juga  restu dari orang tua saya serta orang-orang tua dikampung, para tokoh masyarakat yang saya anggap sebagai orang tua saya juga dan para pemuda yang sudah seperti keluarga saya.

Bagaimana komitmen anda dengan wakil anda jika nantinya terpilih ?

Nah ini yang makin menarik jika di bahas. Karena kalau menurut saya Bupati dan wakil itu dalam struktur   berada dalam 1 kotak yang artinya tidak terpisahkan.

Wakil Bupati itu sangat sangat penting perannya karena beliau harus lebih paham dalam mengakomodir seluruh bagian yang ada di Pemda tersebut atau seluruh SKPD yang ada serta mampu mengendalikannya.

Apabila saat nanti saya jadi Bupati kemungkinan Wakil Bupati saya yang akan memiliki kesibukkan yang  banyak juga nantinya. Untuk itu  tugas koordinasi baik di tingkat pusat dan daerah dan pasti kami akan berbagi peran secara bergantian nantinya, dimana pangkep kan ada wilayah kepulauan dan pegunungan. Yang jelas wakil bukan Ban serap seperti yang selama ini kita lihat dimana peran wakil kepala daerah sangat minim

Terakhir, apa harapan bapak kepada masyarakat Pangkep sendiri ?

Bukan harapan saya.. tapi ini  harapan kami semua masyarakat Pangkep

Saya akan sampaikan bahwa “ wahai seluruh masyarakat pangkajene dan kepulauan saatnya anda memiliki kesempatan untuk memilih  pemimpin yang baik dan bisa membawa perubahan seperti yang diinginkan oleh kita  masyarakat Pangkep, berani memperjuangkan apa yang jadi hak hidup masyarakat ”. Saya akan berusaha membuat  keadilan pada sektor sosial bagi seluruh masyarakat pangkep, bahwa kekayaan alam yang ada dipergunakan untuk kesejahtraan masyarakat. Masyarakat pangkep punya hak yang sama untuk memperoleh kesejahteraan dan penghidupan yang lebih layak dan memiliki keluarga yang mandiri dan sehat serta terhindar dari kemiskinan.

Dan ada slogan di kami BARANI, MAGETTENG, MALEMPU, MACCA

Slogan tersebut merupakan petuah bijak dari leluhur kami  yang menurut saleh adalah haluan serta tatanan yang jika seseorang nantinya memegang amanah kepercayaan dan kekuasaan merupakan tanggung jawab terhadap Allah SWT dan masyarakat  yang memberikan suaranya kepada orang yang mereka amanahkan untuk memimpin mereka.

Kalo istilah kami orang bugis…”Paseng” yang artinya adalah petuah bijak. [Red-Bin]