Zerotv.id – Jakarta – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT menjumpai perwakilan dari 51 nelayan Aceh yang dipulangkan dari Thailand, di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, Senin, 5 Oktober 2020.

Di sela pertemuan itu Nova mengatakan, ke 51 nelayan asal Aceh sudah bisa dipulangkan ke kampung masing-masing pada Selasa, 6 Oktober 2020 besok setelah hasil test swab (tes usap) keluar dan menunjukkan mereka tidak terpapar virus korona atau negatif Covid-19.

“Paling penting saya minta tetap jaga diri saat pulang ke Aceh. Jadi harus selalu memperhatikan protokol kesehatan,” kata Nova.

Dalam pertemuan itu, Plt Gubernur Aceh didampingi Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal, S.STP, M.Si dan DANSATGAS Covid Wisma Atlit Pademangan, Kolonel Chk, Anggiat Lumban Toruan, SH, M.Th. Sedangkan nelayan diwakili 10 orang.

Hal itu dikarenakan, selain keterbatasan tempat, juga sesuai peraturan yang menerapkan protokol kesehatan.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi Kepala BPPA, Almuniza Kamal dan DANSATGAS Covid Wisma Atlit Pademangan, Kolonel Chk, Anggiat Lumban Toruan saat memberikan arahan kepada 51 nelayan Aceh di Wisma Atlet Pademangan.

Pada kesempatan itu Plt Gubernur Aceh juga berterimakasih kepada Raja Thailand Rama X yang sudah memberikan pengampunan bagi 51 nelayan yang tertangkap memasuki perairan negara itu tanpa dokumen.

Plt Gubernur juga berterimakasih kepada Pemerintah Pusat, terutama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) maupun Kementerian Kelautan dan Perikanan, KBRI di Bangkok, serta Konsulat RI Songkhla. Karena sudah mempermudah kelancaran pemulangan para nelayan tersebut.

Kemudian, Nova juga mengucapkan terima kepada Satgas Covid-19 yang sudah memfasilitasi para nelayan selama dikarantina di Wisma Atlet Pademangan.

Sementara itu, salah satu perwakilan nelayan Raifaksi (32) mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh yang sudah peduli kepada mereka.

“Kami dari pihak anak laut (ABK) mengucapkan terima kasih kepada bapak Plt Gubernur yang bersusah payah bertemu dengan kami hari ini,” ujarnya.

Diketahui ke 51 nelayan yang dipulangkan dari Thailand tiba di Jakarta, pada Kamis, 1 Oktober 2020. Mereka dibebaskan setelah mendapat ampunan oleh Raja Thailand Rama X. [Red-Bin]