Zerotv.id – Aceh Besar –  Pemerintah Kabupaten Aceh Besar yang didukung oleh Kodim 0101/BS menggratiskan olah lahan tanah sawah atau bajak dan benih bagi petani pada musim tanam gadu 2020.

Bantuan gratis bagi petani ini merupakan wujud kepedulian dan komitmen Pemkab Aceh Besar yang didukung oleh Kodim 0101/BS untuk membantu petani Kabupaten Aceh Besar yang mengandalkan sektor pertanian persawahan, sebagai andalan perekonomian masyarakat.

Menurut Mayor Inf Issukandar, S.Ag (Pabung Abes) terobosan yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Besar dan Kodim 0101/BS dengan menggunakan dana BLT (bantuan langsung tunai ) bagi masyarakat yang terdampak covid 19, bantuan langsung tunai tersebut diberikan dalam bentuk olah lahan tanah atau bajak gratis sawah.

Ada kendala dalam penerapan olah lahan tanah atau bajak sawah gratis , dimana cost olah lahan tanah atau bajak sawah di Kabupaten Aceh Besar perhektarnya Rp 1.200.000 sampai Rp 1.500.000 sedangkan dana BLT yang diberikan Pemerintah hanya sebesar Rp 600.000 sampai Rp 800.000.

Di samping bajak sawah gratis, pihak  Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar memberikan kontribusi benih unggul dan pupuk gratis serta memberdayakan pemilik traktor roda empat maupun hand traktor dengan harga olah lahan tanah dibawah harga rata-rata, sehingga pada saat petani panen hasilnya bisa dapat lebih besar karena bantuan benih, pupuk gratis serta biaya sewa traktor dibawah harga rata-rata, pungkas Mayor Inf Issukandar S. Ag.

Kemudian program ini juga menjadi pilot projek atau contoh untuk Provinsi dan daerah lainnya.[Red-Muamar]