Zerotv.id – Aceh Besar – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Besar kembali menggelar rapat paripurna penyampaian pengantar nota keangan rancangan Qanun Kabupaten Aceh Besar tentang anggaran pendapatan dan belanja Kabupaten Aceh Besar Tahun Anggaran 2021.

Sidang paripurna tersebut dibuka  oleh Wakil Ketua DPRK Aceh Besar Baktiar yang diikuti oleh seluruh anggota DPRK Aceh Besar sidang paripurna tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Besar  Plt Sekda Aceh Besar Abdullah, beserta sejumlah kepala dinas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

Ketua DPRK Aceh Besar Bachtiar, ST dalam sambutanya mengatakan, penyampaian nota pengantar RAPBK tahun anggaran 2021 merupakan salah satu rangkaian dari mekanisme penyusunan APBK setelah penetapan kebijakan umum anggaran KUA dan prioritas platfon anggaran PPAS yang sama sama telah disepakati bebarapa waktu yang lalu.

RAPBK Kabupaten Aceh Besar tahun anggaran 2021 ini tentunya telah berpedoman kepada ketentuan yang berlaku. Kebutuhan anggaran serta menyesuaikan dengan kondisi berkelanjutan pelaksanaan pembangunan daerah. Penyusunan RAPBK tahun anggaran 2021 juga didasarkan pada usulan dari masyarakat Aceh Besar melalui musrenbang mulai dari tingkat gampong hingga kecamatan hingga ke kabupaten.

Bachtiar juga berharap  seluruh aspirasi masyarakat dapat dijabarkan dalam APBK tahun 2021 terkait pemulihan sosial ekonomi menjadi titik berat arah  APBK Aceh Besar tahun 2021 karena merupakan obyek pembangunan sosial ekonomi masyarakat dalam rangka pemulihan dampak pandemi covid 19 dengan fokus pada sektor kesehatan, pertanian, pariwisata, industri dan investasi. hal tersebut menjadi fokus bersama antara eksekutif dan legeslatif dalam menggerakkan kembali taraf hidup serta kemampuan ekonomi masyarakat kabupaten aceh besar.

Bachtiar juga menambahkan terkait dengan kebijakan pendapatan daerah harus benar benar dapat diarahkan  pada peningkatan kemampuan daerah yang dapat mendorong investasi masyarakat dalam pembangunan.

Sementara itu Wakil Bupati Aceh Besar yang yang membacakan sambutan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengatakan, penyusunan APBK setiap tahunnya tidak terlepas dari rencana pembangunan daerah yang telah disusun baik rencana pembangunan jangka panjang daerah.

Untuk mewujudkan RPJMD Pemerintah memiliki visi terwujudnya Aceh Besar yang maju, sejahtera dan bermartabat dalam syariat islam maka di tetapkan sejumlah misi pembangunan Kabupaten Aceh Besar dengan prioritas diantaranya, Pelaksaan Syariah Islam, Peningkatan pendidikan dan sumber daya manusia, peningkatan kesehatan masyarakat, peningkatan bidang sosial budaya, mewujudkan tata kelola pemeritahan yang baik, bersih dan bertanggung jawab, meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, memperdayakan ekonomi masyarakat berbasis mukim dan gampong serta mempercepat laju pembangunan masyyarakat persisir, terisorir, dan terluar.

Secara struktural penyusunan APBK juga mempertimbangkan sinkronisasi dengan rencana pembangunan pemerintah pusat dan rencana pembangunan provinsi.

Plt Sekda Aceh Besar Abdullah, Sos mengatakan Pemerintah terus mendukung tercapaianya sasaran utama dan prioritas pembangunan Nasional sesuai dengan patensi dan kondisi daerah.[Red-Bin]