Zerotv.id – Aceh Besar  – Koperasi SieBreuh merupakan koperasi unit desa (KUD) yang didirikan oleh Juanda Jamal yang terletak di pasar sibreh. Koperasi unit desa (KUD) ini dinamakan Koperasi SieBreuh karena kawasan sibreh merupakan kawasan penghasil daging dan beras di Aceh.

Koperasi ini didirikan di pasar sibreh karena memiliki sejarah panjang terhadap pusat pemasaran hasil bumi, para petani dan peternak dari seluruh aceh memasarkan produksinya di peukan sibreh. Koperasi ini bertujuan untuk menjadikan peukan sibreh sebagai pasar pengumpul hasil pertanian dan peternakan serta memfasilitasi untuk berbagai produksi yang dihasilkan oleh masyarakat kemudian hasil dari produksi petani tersebut akan dipasarkan oleh koperasi SieBreuh.

Juanda Jamal mengatakan, pasar hewan yang ada di sibreh juga akan dimanfaatkan dalam bentuk kerjasama KUD dengan pemerintah daerah dalam bentuk mendirikan hotel leumo, sebagaimana telah ditetapkan pasar sibreh oleh pemerintah daerah diaktifkannya 2 hari peukan dalam 1 minggu akan sangat membantu penjual sapi, misalkan sapinya tidak laku pada hari rabu bisa menginapkan sapinya di hotel leumo tersebut, kemudian mereka bisa menjualnya kembali di hari minggu.

KUD SieBreuh juga berkerjasama dengan BPP (Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan) sebagai pelaksana kegiatan pertanian dan perternakan di Kabupaten Aceh Besar. Target KUD SieBreuh bersama BPP salah satunya dengan pembuatan pupuk kompos yang diharapkan dapat memulihkan kualitas tanah, sehingga ketergantungan pada pupuk kimia bisa diturunkan serta dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi padi.

Juanda Djamal juga mengatakan akan memanfaatkan lahan-lahan tidur untuk ditanamakan bibit jagung dimana limbah jagung yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Berharap di Kecamatan sukamakmur ini bisa memproduksi beras, tepung dan daging bukan hanya untuk konsumsi lokal bahkan diharapkan bisa untuk di ekspor serta berharap kepada Pak Presiden dengan program food estatenya menjadikan kawasan ini sebagai halal food estate kedepannya. Tuturnya. [Red-Bin]