Zerotv.id – Banda Aceh – Gubernur Aceh Nova Iriansyah optimis, KMP Aceh Hebat 1, 2 dan 3 akan mulai melayani penumpang pada Januari tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Nova, kepada awak media usai menyambut dan meninjau KMP Aceh Hebat 2 yang telah tiba di dermaga Ulee Lheue, Sabtu (19/12/2020) pagi.

Insya Allah, Januari tahun depan sudah melayani penumpang. Saat ini sedang proses tender untuk operator yang akan mengoperasionalkan Kapal ini,” ujar Nova.

Bersama Wakil Ketua DPRA Hendra Budian, Gubernur yang turut didampingi sang Istri Dyah Erti Idawati serta Inspektur Aceh Zulkifli dan Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi, meninjau dan mendapatkan penjelasan singkat tentang KMP Aceh Hebat 2 dari Kapten Kapal KMP Aceh Hebat.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, didampingi Istri Dyah Erti Idawati, serta Wakil Ketua DPRA Hendra Budian, Inspektur Aceh, Zulkifli dan Kadis Perhubungan Aceh, Junaidi meninjau KMP Aceh Hebat 2 yang baru tiba di Pelabuhan Ulee Lheue.

“Setelah mendengarkan penjelasan dari Kapten Bambang, selaku Kapten Kapal, kita masyarakat Aceh patut berbangga, karena KMP Aceh Hebat memiliki sistem operasi yang cukup canggih,” imbuh Nova.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk merawat KMP Aceh Hebat 1, 2 dan 3 dengan sebaik-baiknya agar masa pakainya sesuai masa pakai, sehingga memberikan manfaat yang besar juga bagi daerah dan masyarakat.

“KMP Aceh Hebat adalah milik seluruh rakyat Aceh karena dibeli dengan menggunakan anggaran rakyat. Oleh karena itu, seluruh rakyat Aceh harus merasa memiliki, sehingga terbangun kesadaran untuk merawat kapal ini dengan baik. Caranya, dengan mematuhi SOP yang berlaku, turut menjaga kebersihan kapal ini ketika menggunakan jasa penyeberangan,” sambung Nova.

Untuk diketahui bersama, setelah selesai dibuat dan mengikuti semua rangkaian uji coba, KMP Aceh Hebat 2 telah berlayar dari Galangan Kapal PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia di Bangkalan, Madura sejak 13 Desember yang lalu. Kapal ini tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh pada Sabtu, 19 Desember 2020.

Kedatangan kapal ini disambut langsung oleh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi Ali, GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Banda Aceh, Syamsuddin, dan sejumlah pejabat lainnya.

Pelayaran dengan kondisi cuaca penghujan pada bulan Desember ini menjadi kendala tersendiri.

“Kami lepas jangkar dari Bangkalan tanggal 13 Desember, jadi lama pelayaran tepat seminggu,” ujar nahkoda KMP. Aceh Hebat 2, Capt. Bambang yang telah membawa kapal ini melalui Selat Malaka.

Dalam penyambutan, Gubernur Aceh mengalungkan selendang selamat datang kepada nahkoda kapal.

Sebagai informasi, sesampainya di Banda Aceh, KMP. Aceh Hebat 2 tidak langsung melayani pelayaran ke Sabang, karena ada beberapa tahapan perencanaan teknis untuk mempersiapkan operasional kapal penyeberangan ini, seperti izin operasi kapal penyeberangan, pengawakan kapal yang dilakukan oleh pihak operator, uji sandar, manuver di kolam pelabuhan, pengecekan fisik, dan alat-alat keselamatan yang harus dilengkapi.

Nantinya akan dilakukan serah terima kepada PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Banda Aceh sebagai operator KMP Aceh Hebat 2 untuk beroperasi secara reguler pada lintasan penyeberangan Ulee Lheue – Balohan yang diperkirakan pada awal Januari 2021.

Kepada awak media, Gubernur juga mengabarkan, bahwa pada tanggal 24 atau 25, KMP Aceh Hebat 1 akan tiba di Pelabuhan Calang. “Insya Allah, tanggal 24 atau 25 Desember KMP Aceh Hebat 1 akan tiba di Pelabuhan Calang. Kita juga akan menyambutnya di sana,” kata Nova. [Red-Bin]