Zerotv.id – Aceh Timur – Peningkatan mutu lulusan menjadi target utama semua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), termasuk juga dengan SMK Negeri 1 Lokop Aceh Timur. Sebagai upaya untuk mencapai target tersebut, maka pihak SMKN 1 Lokop menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Serbajadi.

Kesepakatan kerja sama antar kedua pihak tersebut dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani bersama pada Sabtu (23/01/2021) di komplek SMKN 1 Lokop Kecamatan Serbajadi Kabupaten Aceh Timur, dan dihadiri oleh unsur Muspika Kecamatan Serbajadi, Komite Sekolah, Kepala BPP, dewan guru serta pemilik lahan tempat siswa PKL.

Kepala SMKN 1 Lokop Kamaruzaman, SE.Ak melalui realease yang dikirimkan ke media ini, menyebutkan salah satu point penting yang tertuang dalam MoU tersebut adalah kerjasama dalam bidang Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk siswa.

Lanjutnya lagi, PKL ini merupakan bentuk kesepakatan kerjasama antara institusi pasangan dengan pihak sekolah dalam keterlaksanaan praktek bagi siswa yang merupakan bagian dari pendidikan sistem ganda.

Mantan guru SMKN 1 Idi ini juga mengharapkan, kedua belah pihak secara sungguh-sungguh dapat aktif pada setiap kegiatan yang sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya, yaitu mulai dari perencanaan, penyelenggaraan sampai dengan tahap penilaian.

“Sesuai keputusan wali murid untuk tahun 2021 ini mengingat kondisi covid 19 belum berakhir, maka siswa SMKN 1 Lokop akan melaksanakan PKL di BPP Kecamatan Serbajadi Kabupaten Aceh Timur, namun kompetensi yang diharapkan pada siswa tetap terpenuhi”, jelas Kamaruzaman.

Sementara itu, Geuchik Desa Tualang, Muhammad sangat menyambut baik kegiatan PKL yang dilaksanakan di desanya.

“Saya atas nama Kepala Desa, menyambut baik pelaksanaan PKL siswa di desa kami, selain warga desa bisa melihat langsung kegiatan tersebut, juga secara ekonomi dapat membantu para wali murid”, pungkasnya.[Red-Tgh]