Zerotv.id – Banda Aceh – Gubernur Aceh Nova Iriansyah, meluncurkan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Aceh Hebat 2, di Pelabuhan Ule lheu 30 Januari 2021.
Aceh Hebat 2 yang akan dioperasikan oleh PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan telah menyelesaikan perijinan dan persyaratan adminstrasi, kontrak yang sudah ditanda tangani kemarin dan hari ini langsung berlayar ke balohan.

gubernur aceh Nova Iriansyah mengatakan semua standar bagi kapal penumpang, khusunya roro (roll on-roll off) sudah dipenuhi, desain dan navigasinya bagus dan sudah sangat modern, yang terpenting ongkos kapal ini terjangkau sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Tulang punggung pelayaran Ule Lheu-Balohan akan digantikan oleh Aceh Hebat 2, karena kapasitasnya yang lebih besar. KMP Aceh Hebat 2 ini berkapasitas 1.100 GT (Gross Tonnage).

Gubernur Aceh berharap dengan adanya kapal yang merupakan milik rakyat, karena dibeli dengan uang rakyat, maka kita semua harus menjaganya bersama dan diharapkan dengan keberadaan kapal aceh hebat 2 manfaatnya bisa benar-benar dirasakan terutama untuk konektivitas ekonomi masyarakat dan para wisatawan yang berkunjung untuk peningkatan perindustrian pariwisata Aceh.
Nova Iriansyah juga menambahkan mudah-mudahan sesudah peluncuran aceh hebat 2 ini, maka Aceh Hebat 1 juga akan kita uji standar dari calang ke sinabang dan Aceh Hebat 3 dari singkil ke pulau banyak,dan kita harapkan bisa segera berjalan. [Red-Ayu-TLH]