Zerotv.id – Jakarta – Kemenkes RI – Pemerintah telah menetapkan kelompok sasaran vaksinasi tahap kedua yang akan dimulai pada 17 Februari 2021 mendatang yakni tenaga pelayanan publik esensial dan masyarakat lansia. Penetapan sasaran ini, sesuai dengan Roadmad WHO, SAGE dan kajian ITAGI.

Dengan total sasaran sebanyak 38,5 juta orang, yang terdiri dari 21 Juta orang lebih lansia dan 17 juta lebih tenaga pelayanan publik. Diharapkan vaksinasi akan selesai pada bulan Mei 2021.

Kelompok prioritas yang masuk dalam vaksinasi tahap kedua merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas tinggi sehingga rentan terpapar virus.

Untuk itu melalui vaksinasi tahap kedua ini, pemerintah berupaya mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi sehingga laju penularan COVID-19 bisa segera ditekan, beban rumah sakit kian berkurang serta membantu tenaga kesehatan. dikutip dari laman Fb Kemenkes RI

Meskipun telah divaksin, sasaran diimbau untuk selalu menjaga kesehatan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.[Red-Bin]