Zerotv.id – Lhokseumawe – SMAN 7 Lhokseumawe menggelar pemilihan ketua organisasi siswa intra sekolah (Pilkesis) berbasis digital atau dikenal dengan istilah evoting tahun 2021. Pesta demokrasi siswa tersebut berlangsung pada Sabtu (27/2) di Gedung SMAN 7 Lhokseumawe.

Kepala SMAN 7 Lhokseumawe, Drs Mukhtaruddin MPd, saat memberi arahan kepada siswa menjelaskan bahwa Pilkesis berbasis digital merupakan yang kedua kali digelar di sekolah tersebut. Hal itu, tambah Mukhtaruddin, sejalan dengan keinginan SMAN 7 Lhokseumawe menjadi sekolah digital.

“OSIS merupakan organisasi legal yang turut menentukan arah sekolah. Sebagai organisasi internal, program OSIS harus sinergi dengan program-program sekolah,” ujar Mukhtaruddin.

Dikatakan Mukhtaruddin bahwa SMAN 7 Lhokseumawe menggunakan platform Microsoft sebagai media pemilihan ketua OSIS maupun keperluan lain seperti pembelajaran virtual, rapat virtual, dan juga ujian berbasis digital.

“Setiap siswa SMAN 7 Lhokseumawe harus menggunakan haknya untuk belajar demokrasi melalui even ini. Pilih calon ketua OSIS sesuai hati Nurani sehingga nantinya dapat membawa sekolah ke arah lebih baik. Pasangan yang terpilih harus mampu menjalankan program yang sinergis dengan program sekolah,” harap Mukhtaruddin.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMAN 7 Lhokseumawe, Jon Darmawan SPd MPd yang menggagas Pilkesis berbasis digital di sekolah tersebut menerangkan bahwa tahun ini mereka menggunakan platform Microsoft sebagai media pemilihan digital. Sementara tahun lalu, lanjut Darmawan, SMAN 7 Lhokseumawe menggunakan platform evoting xampp sebagai media pemilihan.

Hasi pemilihan yang disiarkan secara live (doc. Darmawan)

“SMAN 7 Lhokseumawe sudah memiliki platform Microsoft yang kita deploy melalui website sekolah. Platform ini yang kita gunakan untuk pemilihan ketua OSIS berbasis digital. Bukan hanya untuk pemilihan ketua OSIS saja, kita juga menggunakan akun platform Microsoft untuk berbagai keperluan digital lainnya,” tutur Darmawan.

Lebih lanjut Darmawan menambahkan bahwa platform Microsoft sangat sesuai digunakan untuk Pilkesis berbasis digital. Pemilih, kata Darmawan, hanya dapat memilih satu kali saja melalui akun Microsoft yang diberikan sekolah. Tingkat kerahasiaan, pungkas Darmawan, sangat terjaga karena hanya yang memiliki akun Microsoft ekstensi SMAN 7 Lhokseumawe saja yang dapat memilih.

“Siswa dapat memilih menggunakan gadget masing-masing. Panitia menyediakan perangkat komputer bagi siswa yang tidak memiliki gadget. Hasil pemilihan ditayangkan secara live melalui layar lebar sehingga siswa dapat mengetahui siapa pemenang begitu pemilihan selesai dilakukan,” tutup Darmawan.

Terdapat 3 (tiga) pasangan calon yang mengikuti Plikesis SMAN 7 Lhokseumawe tahun 2021. Mereka adalah pasangan Riski dan Haiqal, Elsa dan Fakhrurrazi, serta Dinda dan Fauzan. Pilkesis berbasis digital SMAN 7 Lhokseumawe dimenangkan oleh pasangan Dinda dan Fauzan dengan perolehan 89 suara.

Sementara pasangan Elsa dan Fakhrurrazi dipilih oleh 69 suara dan pasangan Riski dan Haiqal mendapatkan 14 suara. Dengan demikian maka pasangan Dinda dan Fauzan berhak memimpin OSIS SMAN 7 Lhokseumawe tahun 2021. [Red-Tgh]