Zerotv.id – Banda Aceh – SMA Negeri Modal Bangsa (Mosa) Aceh Besar mulai membuka pendaftaraan siswa baru tahun pelajaran 2021/2022 jalur reguler.

Pembukaan dilakukan selama sepekan, 1-6 Maret 2021.

Wakil Kepala SMA Mosa Bidang Humas, Mawardi S.Ag menyampaikan, SMA Mosa membuka penerimaan siswa baru melalui tiga jalur, yaitu jalur undangan, jalur prestasi/olimpiade, dan terakhir jalur reguler untuk siswa umum.

Katanya, untuk jalur undangan atau olimpiade saat sedang dalam proses.

Sedangkan jalur reguler akan dibuka pekan depan.

Mawardi mengatakan, meski ada tiga jalur, kuota penerimaan terbesar tetap melalui jalur reguler yang mencapai 70 persen dari total keseluruhan yang diterima.

Dikatakan Mawardi, beberapa persyaratan dasar penerimaan siswa mosa yaitu mampu membaca Alquran, menguasai Bahasa Inggris dasar, sehat secara fisik, serta bersedia tinggal di asrama dan mengikuti aturan sekolah.

Beberapa syarat khusus lainnya yaitu memiliki nilai rapor 82,00 untuk mata pelajaran agama, matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Nilai tersebut akan dilihat pada semester 3,4, dan 5.

Ia menjelaskan, jika satu mata pelajaran terdiri dari beberapa kompenen atau sub nilai, maka akan dilihat nilai rata-rata.

“Untuk bisa mendapatkan formulir dan melihat informasi lengkap lainnya, dapat mengunjungi website SMA Modal Bangsa, karena akan banyak informasi di sana,” ujar Mawardi.

Katanya, tes tulis akan dilaksanakan 14 Maret, lalu tes psikotest dan kesehatan akan dilaksanakan pada 21 Maret mendatang.

Sedangkan pengumuman yang lulus akan dilaksanakan pada 28 Maret melalu website sekolah, yaitu sman-modalbangsa.sch.id.

Untuk informasi lainnya, kata Mawardi, pihak wali atau calon peserta didik dapat menghubungi nomor 081360453627, 085360634941, dan 081360939235.

Biasanya, lanjut Mawardi, pendaftaraan siswa Mosa mencapai seribu orang lebih setiap tahunnya, sedangkan jumlah yang diterima sekitar 140 orang.

Ia mengingatkan siswa yang ingin mendaftar harus mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan aturan sekolah dan menetap di asrama. [Red-Tgh]