Zerotv.id – Banda Aceh – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, memberikan penghargaan kepada pemerintah Aceh atas kinerja positif dan sinergitasnya dalam penanggulangan bencana non alam di Aceh, tepatnya sukses dalam mengendalikan Pandemi Covid-19.

Penyerahan penghargaan yang juga diberikan kepada beberapa pemerintahan provinsi lain itu dilakukan secara virtual pada Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2021 yang digelar, Rabu (10/03/2021) siang. Secara seremonial, Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas, memberikan langsung piagam penghargaan tersebut kepada Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

“Alhamdulillah kasusnya mengalami penurunan. Mudah-mudahan bisa dipertahankan dan terima kasih atas seluruh pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan,” kata Doni Monardo.

Jenderal Bintang Tiga itu berharap, Pemerintah Aceh bisa tetap melakukan konsolidasi dengan BNPB, dalam penanganan berbagai bencana baik alam mau pun non alam di Aceh. Apalagi, kata Doni, BNPB lahir karena terjadinya bencana Tsunami di Aceh.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, menyebutkan BNPB harus merekonstruksi sejarah bagaimana orang-orang tua di Indonesia dalam merespon bencana. Apalagi bencana adalah sebuah bagian dari hidup dan tak dapat dihindari.

“Perlu kita rekonstruksi berbagai pengalaman orang tua kita, agar menjadi cerminan bagi anak cucu kita untuk bisa belajar bagaimana merespon bencana,” kata Muhajir Effendy.[Red-Bin]